top of page
  • Wilson Gomarga

Jika aku bisa ikut OSK, maka aku akan...


Mengingat OSK tinggal 7 hari lagi, tanggal 14 Maret, saya akan memberikan tips pribadi. Saran dan tips ini adalah dari saya pribadi, dan belum tentu cocok atau sama dengan teman-teman sekalian. Tetapi kata orang sharing is caring kan ya...

Oke jika saya bisa mengulang waktu dan menjadi siswa kelas 10 atau 11 yang akan mengikuti OSK dalam waktu dekat, inilah yang akan saya lakukan..

 

1. Saya tidak lagi membuang waktu untuk membaca buku setumpuk

Terdapat 2 alasan. Alasan pertama, saya pernah merasa begitu senang setelah membaca buku karena sepertinya telah mengerti sebuah materi, tetapi giliran mengerjakan soal-soal OSK/OSP saya merasa seperti orang bodoh karena tidak mengerti. Jadi jangan ditipu dengan perasaan senang kalian ya hahaha. Alasan kedua, membaca buku dan materi terlalu banyak tidak akan memberikan kontribusi signifikan sebab OSK materinya sangat luas, sedangkan dalam 7 hari teman-teman hanya akan mendapatkan segelintir materi saja. Jadi, lebih baik saya latihan soal-soal saja. Ketika saya latihan soal, maka saya akan menguji diri apakah saya mengerti atau tidak. Dan walaupun saya pusing karena tidak mengerti, saya bisa membaca konsep penting yang umumnya diujikan pada soal. Bukan berarti tidak membuka buku sama sekali ya, tetapi target kalian adalah untuk menjawab soal dengan benar sebanyak-banyaknya bukan menghabiskan Campbell, habisin Campbell bisa nantian.


2. Saya akan latihan soal-soal di atas tingkatan OSK

Tahun ke tahun, saya melihat banyak soal-soal OSP, OSN atau Pelatnas yang "turun pangkat" menjadi soal OSK. Artinya apa? Semakin lama, soal OSK akan meningkat kesulitannya. Jadi daripada saya mengulang soal OSK tahun-tahun jebot, lebih baik saya mengerjakan soal yang lebih tinggi tingkatannya seperti OSP beberapa tahun terakhir, atau yang lebih baik lagi adalah soal IBO (International Biology Olympiad). Kenapa soal IBO? Soal IBO adalah soal yang direncanakan dengan sangat baik oleh berbagai pencetus soal dari beberapa negara, dan tentunya soalnya akan sangat berkualitas. Saya akan mengerjakan soal IBO dari tahun 2006 (part A dan part B) hingga tahun 2014 (part A dan part B).


Kalau teman-teman lihat, soal-soal IBO di bawah tahun 2013 adalah soal yang sangat baik untuk menguji konsep dasar. Jadi materi itu umumnya ada di Campbell tetapi dieskalasi sehingga kalau teman-teman mengerti betul maka kemungkinan besar bisa jawab soalnya. Untuk soal OSP juga sebenarnya baik, meskipun saya anjurkan kerjakanlah dulu soal-soal IBO karena kadang tidak sesusah dan seribet OSP (kadang soal OSP atau OSN lebih susah dari IBO). Soal IBO 2008 kie atas sudah mulai meningkat kesulitannya dan benar-benar tajemin skill problem solving.


Soal-soal IBO bisa didownload di: http://www.ibo-info.org/ibo-results-and-awards

Soal terdapat di bagian "Papers"


3. Bagaimana untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika latihan soal?

BERPIKIR KRITIS! Tanya terus kenapa-kenapa-kenapa-kenapa. Misalnya ditanya pada soal Anatomi Fisiologi Tumbuhan, mengapa molekul air bisa naik melalui tabung xylem? Jawabannya sederhana kan, karena adanya tarikan transpirasi. Tetapi kalau teman-teman berhenti di sini ya, teman-teman tidak akan mendapatkan banyak pengetahuan dibanding orang yang terus bertanya "Kenapa".


Kenapa bisa ada tarikan transpirasi? Karena air yang menguap bisa menarik molekul air di bawahnya.


Lalu, kenapa air itu bisa menarik air yang di bawahnya? Karena ada gaya kohesi antar molekul air dengan ikatan hidrogen.


Kenapa bisa ada ikatan hidrogen di air? Karena air adalah molekul polar.


Kenapa air bisa polar? Karena keelektronegatifan oksigen jauh lebih besar daripada hidrogen, sehingga elektron lebih suka dekat-dekat oksigen.


Kenapa kalau elektron suka dekat-dekat oksigen? karena meskipun H2O tidak bermuatan, tetapi terdapat muatan parsialnya, di mana pada oksigen muatan parsial negatif, dan hidrogen positif. Dan muatan parsial inilah yang mengizinkan terjadinya ikatan hidrogen.


Terlihatkan perbedaannya? Jadi berpikirlah kritis!


 

Ketika sudah hari H OSK, maka teman-teman tentu harus bersiap. Jangan sampai seperti saya ya. Saat OSK 2015, saya salah mendatangi tempat tes sehingga akhirnya telat hampir 30 menit. Dan saat itu DKI Jakarta sedang banjir jadi saya harus berjalan menerobos banjir becek-becek. Jadi siapkanlah perahu karet bagi daerah rawan banjir (JK) :P


Kalau sudah dekat OSK, jangan panik. Ingatlah kalau nilai peringkat 1 OSK umumnya 50-60-an (tergantung daerah). Jadi kalau teman-teman bisa menjawab 50% dari keseluruhan soal, jangan merasa berat hati. Tentu teman-teman harus punya keinginan untuk bisa menjawab semua, tetapi ini olimpiade yang soalnya jauh di atas tingkatan SMA. Jadi ketika teman-teman sudah mengerjakan soal OSK, harusnya teman-teman sudah bangga karena dipercaya oleh sekolah. :)


Dan yang paling penting...


JANGAN MAKAN WAKTU KEBANYAKAN DI SOAL YANG SUSAH. Soal biologi sel dan molekuler biasa panjang-panjang dan dikenal banyak orang ribet. Kalau teman-teman gak terlalu suka biselmol, kan boleh juga ngerjain anfistum dulu atau anfiswan toh soal susah dan gampang poinnya sama sama +1. Lebih baik ngerjainnya kelar kan dari pada biselmol bener semua tapi yang lain nembak gara-gara gak sempet.


Jangan lupa juga membawa kalkulator, meskipun terdapat beberapa daerah yang mungkin tidak mengijinkan tetapi sebenarnya diperbolehkan di OSK memakai kalkulator.


Semangat! Datang, berkompetisi, dan jadilah yang terbaik!





Featured
Recent Posts

© 2016-2017 Wilson Gomarga & Robin Chandra.

bottom of page