top of page
  • Wilson Gomarga

Pertanyaan seputar Try Out OSK


Frequently Asked Questions (FAQ) seputar Try Out OSK

Q: Siapa saja yang boleh mengikuti Try Out OSK ini?

A: Try Out ini terbuka untuk umum. Tetapi target kami adalah untuk siswa-siswi yang ingin mengikuti OSN Biologi.

Q: Apakah ada bidang lain selain Biologi?

A: wilsongomarga.com adalah situs yang khusus menyediakan sumber daya pembelajaran OSN Biologi. Jadi, TryOut yang diselanggarakan di sini adalah Try Out bidang biologi saja.

Q: Apakah saya harus mendaftar untuk mengikuti Try Out ini?

A: Tidak, teman-teman tidak perlu mengisi formulir atau mendaftar dengan cara apapun. Tetapi, untuk mendapatkan hasil nilai dari Try Out ini, teman-teman membutuhkan alamat email valid (boleh Gmail, Yahoo, Outlook, Ymail, dsb).

Q: Ke mana saya harus memasukkan alamat email saya?

A: Saat Try Out dilaksanakan, teman-teman akan harus mengisi biodata (nama, kelas, provinsi, sekolah, dll). Pada biodata tersebut, juga akan ditanyakan alamat email teman-teman. Setelah pengisian biodata, barulah teman-teman melanjutkan dengan mengerjakan soal Try Out. Form biodata itu ada di form yang sama dengan Form soal. Jadi jangan kira ada 2 form yang berbeda ya. HANYA ADA 1 FORM SAJA.

Q: Kalau tidak perlu mendaftar, bagaimana untuk berpartisipasi dalam Try Out ini?

A: Kami akan menggunakan sistem Google Form dalam pelaksanaan Try Out. Untuk mengakses soal, tentu perlu link formulir tersebut. Untuk sekarang ini, link sudah bisa dibuka tetapi soal belum bisa terlihat. Soal akan terlihat ketika waktu pelaksanaan Try Out, yakni 3 dan 4 Maret 2017 Jam 19.00- 2100. Mudah kan, tinggal klik link itu lalu teman-teman bisa langsung mengerjakan soal.

LINK SOAL YANG DIGUNAKAN:

Q: Link soal itu isinya apa saja?

A: Pada halaman pertama tentu ada pengisian biodata. Pada bagian selanjutnya ada tata tertib, lalu seterusnya ada soal-soal yang diujikan. Semua berada pada 1 link yang sama.

Terdapat 7 bagian dari formulir, urutannya sebagai berikut:

1. Biodata

2. Tata tertib

3. Soal Biologi Sel dan Molekuler (Total: 20)

4. Soal Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan (Total: 15)

5. Soal Anatomi dan Fisiologi Hewan (Total: 25)

6. Soal Genetika (Total: 20)

7. Soal Ekologi, Etologi dan Biosistematika (Total: 20)

Untuk lanjut dari bagian yang satu ke yang lainnya, terdapat tombol "Lanjut" atau "Next" di setiap bagian. Untuk mengumpulkan terdapat tombol "Submit"

Q: Selain melalui komputer, bisakah Try Out ini dikerjakan di HP?

A: Tentu bisa. Kami tahu betapa sibuknya teman-teman. Untuk itu, kami memberikan alternatif yang mudah bagi teman-teman untuk mengerjakan Try Out ini. Jika teman-teman tidak sedang berada di depan komputer karena mungkin sedang berpergian, sedang makan bersama teman, sedang malam mingguan, dll. teman-teman tetap bisa mengerjakannya melalui HP dengan cara yang sama yaitu membuka link yang tertera di atas. Tetapi, kami menyarankan teman-teman untuk mengerjakan soal ini di komputer karena layar komputer yang lebih besar memudahkan teman-teman untuk lebih fokus dan konsentrasi.

Q: Mengapa Try Out ini dilaksanakan 2 hari, yaitu pada tanggal 3 dan 4 Maret?

A: Sekali lagi kami tahu betapa sibuknya teman-teman. Maka itu Try Out ini akan dilaksanakan 2 kali pada tanggal 3 dan 4 Maret Pukul 1900-2100 WIB. Teman-teman dihimbau untuk mengikuti Try Out ini satu kali saja.

Q: Jam di rumah saya kan belum tentu sama dengan jam yang digunakan oleh pihak penyelenggara Try Out, lalu bagaimana mengatasi hal ini?

A: Kami akan menggunakan website: https://time.is/Jakarta sebagai acuan waktu yang digunakan. Jadi waktu try out dilaksanakan Pukul 19.00 ketika di website tersebut menunjukkan jam 19.00.

Q: Apakah soal dan jawaban akan diberikan kepada kami?

A: Ya, pada hari Minggu tanggal 5 setelah pelaksanaan Try Out kami akan mengirimkan hasil Try Out ke email teman masing-masing. Kami juga akan memposting soal di blog beserta kunci jawaban.

Q: Apa ada contoh soal Try Out sebelumnya?

A: Try Out sebelumnya dilaksanakan pada bulan November 2016. Soal try out telah dipost di postingan ini.

Q: Bagaimana tipe soal Try Out kali ini?

A: Try Out sebelumnya pada November berjumlah 50 soal dengan tipe soal pilihan ganda serta Benar-Salah. Tetapi, kali ini soal Try Out akan berjumlah 100 soal dengan semuanya tipe pilihan ganda. Dengan ini, Try Out OSK akan mirip dengan OSK yang sesungguhnya. Waktu pelaksanaan adalah 2 jam.

Q: Bagaimana kalau saya mulai mengerjakannya terlambat (misal: Jam 19.30)?

A: Teman-teman tetap bisa mengerjakan soal tersebut. Namun waktu selesai tetaplah jam 21.00 (tidak ada penambahan waktu). Kami akan memberikan toleransi waktu 1 menit untuk pengumpulan soal. Pengumpulan dilakukan dengan mengklik tombol "Submit" pada form tersebut.

Q: Apakah saya boleh menggunakan kalkulator?

A: Tentu boleh, OSN Biologi itu boleh menggunakan kalkulator. Jadi jangan buang waktu menghitung yang ribet-ribet pakai kertas coretan ya :P

Jika teman-teman masih memiliki seputar pertanyaan tentang Try Out, bisa langsung menghubungi kami di wilson.gomarga@me.com atau komen postingan ini.

Terima kasih teman-teman atas kerja samanya.

Wilson Gomarga

Co-Founder W&R Bio Olympiad Resource

Featured
Recent Posts

© 2016-2017 Wilson Gomarga & Robin Chandra.

bottom of page