top of page
  • Ignasius Willy Nugroho

Reaksi Terang: Z-Scheme (Skema Z)


Z- Scheme? Apakah itu?? Semacam Rencana ke 26 yang dilakukan setelah rencana Y gagal kah??

Bukan kok :3, Z – Scheme sebenarnya adalah serangkaian perubahan oksidatif dan reduktif yang terjadi selama reaksi terang fotosintesis. Disebut skema Z karena pada penggambaran diagramnya seringkali seperti gambar di bawah ini, nampak seperti huruf Z bukan??

Kalian pasti sudah sering mempelajari mengenai skema reaksi terang diatas tentunya kan ? Mari kita gunakan diagram di bawah ini yang lebih sederhana di bawah ini, untuk lebih menekankan mengenai perubahan reduksi oksidasi yang terjadi.

Tingkat tingkat pada sumbu vertikal pada gambar menunjukkan potensial reduksi dari masing – masing molekul. Semakin tinggi posisinya dalam sumbu vertikal, semakin negatif potensial reduksinya, dan semalin mudahlah molekulnya mendonasikan elektron.

Pada Z-Scheme, elektron dilepaskan dari molekul air , kemudian didonasikan ke Fotosistem II pada molekul P680 yang belum tereksistasi, yang memiliki potensial reduksi kurang negatif dibanding Molekul air. Kemudian molekul P680 juga menyerap molekul photon untuk mengeksistasi P680 menjadi P680*, yang membuatnya menjadi spesi yang lebih reduktif, yang memungkinkannya mendonasikan elektronnya ke rantai quinone-sitokrom bf, yang dalam prosesnya memompa proton ke dalam lumen tilakoid. Elektron dari cythocrome bf didomasikan ke fotosistem I, mengeksistasi P700 ke bentuk aktifnya P700*. Hal ini meningkatkan potensial reduksi P700, yang memungkinkannya mendonasikan elektronnya ke NADP, yang dalam prosesnya menginisiasi produksi NADPH. Inilah akhir dari Z-scheme pada aliran elektron siklis, sedangkan jika rlektron kembali ke molekul sitokrom-bf , terjadilah aliran elektron siklis.

Skema ini memang seperti suatu mekanisme yang kompleks, tapi jangan takut. Dengan kemajuan teknologi, kalau teman-teman bingung, tinggal cari aja di Youtube. Berikut adalah video-video pembelajaran yang bisa teman-teman lihat.

Pemahaman mengenai Z-scheme sungguh diperlukan dalam olimpiade biologi, karena seringkali soal yang ada mengharuskan kita untuk menganalisisnya berdasarkan konsep potensial reduksi oksidasinya. Semangat, Semoga bermanfaat.

(@wixxlies)

Featured
Recent Posts
bottom of page