top of page
  • Muhammad Ikhsan

Buah: Apomorfi Angiospermae (OSK 2016 No. 28)


Terdapat bermacam-macam jenis buah pada tumbuhan berbunga. Di antara contoh buah berikut ini yang TIDAK mengandung bagian perhiasan bunga adalah

A. Buah apel

B. Buah nangka

C. Buah nenas

D. Buah jambu air

E. Buah jeruk

Pembahasan:

Jawabannya adalah buah jeruk.

Buah adalah salah satu karakter khas (apomorfi) pada Angiospermae, dimana terdapat berbagai jenis buah. Berdasarkan perkembangannya (Campbell et. al.) ada 4 jenis buah:

  1. Buah sederhana/simple. Buah tipe ini merupakan buah dimana bagian yang kita makan memang berkembang dari satu ovarium di satu bunga. Contoh dari buah tipe ini adalah buah jeruk [Ordo Sapindales, Famili Rutaceae] yang merupakan buah tipe hesperidium.

  2. Buah agregat. Buah tipe ini merupakan buah dimana bagian yang kita makan adalah kumpulan dari unit-unit buah. Buah ini berkembang dari satu bunga, namun lebih dari satu ovarium. Contoh dari buah tipe ini adalah pada buah strawberry [Famili Rosaceae]

  3. Buah majemuk. Buah tipe ini merupakan tipe buah dimana bagian kita makan adalah pembuahan dari beberapa bunga (perbungaan) dan perhiasan bunganya tidak gugur setelah pembuahan. Contoh dari buah tipe ini adalah pada buah nanas [Ordo Poales, Famili Bromeliaceae] dan nangka [Ordo Urticales, Famili Moraceae]. Nanas merupakan buah tipe sorosis, dimana tiap bunganya berkembang menjadi unit buah tipe berri.

  4. Buah aksesoris. Buah tipe ini merupakan tipe buah dimana bagian yang kita makan bagian selain ovarium (ada bagian yang berasal dari perhiasan bunga). Contoh dari buah tipe ini adalah pada buah apel (tipe buah pomum). Apel [Ordo Rosales, Famili Rosaceae] merupakan buah yang sebagian besar berkembang dari hipantium, dimana ovarium bunganya merupakan tipe inferior (tenggelam di bawah perhiasan bunga).

Berikut adalah gambar dari beberapa tipe buah.

Perhiasan bunga terdiri dari kaliks (sepal merupakan bentuk tunggalnya) dan korolla (petal merupakan bentuk tunggalnya).

A. Salah. Alasan sudah dituliskan di atas.

B. Salah. Alasan sudah dituliskan di atas.

C. Salah. Alasan sudah dituliskan di atas.

D. Salah. Pada jambu air, bagian yang jauh dari tangkai kemungkinan besar berasal dari perhiasan bunga.

E. Benar. Pada alasan di atas, tidak terlihat ada sisa dari perhiasan bunga yang tertinggal pada buah jeruk.

Di bawah ini adalah gambar perkembangan buah apel:

Sebenarnya daging buah apel yang kita makan itu berasal dari perhiasan bunga, pada kasus ini adalah reseptakel.

Referensi

Campbell, Neil A and Jane B Reece. Campbell Biology. 9th ed. Boston [u.a.]: Pearson, 2011. Print.

Prakash O, Kumar R, Mishra A, Gupta R. Artocarpus heterophyllus (Jackfruit): An overview. Phcog Rev 2009;3:353-8

Simpson, Michael G. Plant Systematics. Amsterdam: Elsevier/Academic Press, 2006. Print.

Featured
Recent Posts
bottom of page