top of page
  • Muhammad Ikhsan

Apa Itu Self-Incompatibility? (OSK 2016 No. 27)


(SOAL OSK No. 27)

Tumbuhan berbunga dapat digolongkan menjadi tanaman menyerbuk sendiri dan tanaman menyerbuk silang. Di antara kondisi berikut ini yang TIDAK memungkinkan tanaman dapat menyerbuk sendiri adalah:

A. Ketidakcocokan sendiri (self-incompability)

B. Letak bunga jantan dan bunga betina berjauhan

C. Stamen dan pistilum matang bersamaan sebelum bunga mekar

D. Jawaban A dan B

E. Jawaban B dan C

Pembahasan:

Untuk mengetahui jawaban dari soal ini, kita harus mengetahui perbedaan dari penyerbukan sendiri maupun penyerbukan silang. Penyerbukan sendiri adalah proses penempelan pollen dari stamen pada stigma (kepala putik) dimana stamen dan putik berada pada bunga yang sama. Sedangkan penyerbukan silang adalah proses penyerbukan dimana stamen yang menghasilkan pollen dan putik ada pada bunga di pohon yang berbeda. Gambar berikut menggambarkan 2 fakta pada penyerbukan di tumbuhan

Pada dua gambar di bagian atas, terlihat bahwa ada dua tipe bunga dalam satu spesies (bunga jantan di kiri dan bunga betina di kanan). Pada gambar di bagian bawah, terlihat ada dua jenis susunan stamen dan putik dalam satu spesies.

Dua tipe self-incompatibility pada tumbuhan.

Pada tipe gametofitik, alel pada gametlah yang menentukan apakah pollen mampu membuahi ovum atau tidak. Pada tipe sporofitik, alel pada sel induk gamet (sporofit) yang menentukan apakah pollen mampu membuahi ovum atau tidak.

  1. A Benar. Berbagai tumbuhan sudah mengembangkan mekanisme ketidakcocokan diri-sendiri (self-incompatibility), dimana hal ini bertujuan meningkatkan keragaan tumbuhan. Selain itu, secara genetik persilangan dengan individu bergen sama bisa menyebabkan gen yang menyebabkan penyakit/kematian terakumulasi.

  2. B Benar. Letak stamen (penghasil pollen/gamet jantan) dan pistillum (penghasil ovum) yang berjauhan bisa menyebabkan susahnya proses penyerbukan pada satu bunga. Ini juga salah satu cara agar tumbuhan bisa melakukan penyerbukan pada bunga yang berbeda.

  3. C Salah. Matangnya stamen dan pistillum sebelum bunga mekar justru akan lebih memungkinkan terjadinya penyerbukan pada satu bunga (penyerbukan sendiri).

  4. D Benar. Ini karena pernyataan A dan B benar.

  5. E Salah. Ini karena pernyataan C salah.

Referensi

Campbell, Neil A and Jane B Reece. Campbell Biology. 9th ed. Boston [u.a.]: Pearson, 2011. Print.

Silva, N. F. and D. R. Goring. "Mechanisms Of Self-Incompatibility In Flowering Plants". Cellular and Molecular Life Sciences 58.14 (2001): 1988-2007. Print.

Featured
Recent Posts
bottom of page