top of page
  • Muhammad Ikhsan

Apa yang ngatur stomata buka atau tutup? (OSK 2016 No. 24)


24. Buka menutupnya stomata diatur oleh beberapa faktor. Berikut ini yang dapat memicu pembukaan stomata adalah:

a. Stimulasi reseptor cahaya biru pada sel penjaga

b. Meningkatnya kadar karbon dioksida di dalam daun

c. Menurunnya kadar ion kalium di dalam sel penjaga

d. Produksi asam absisat di mesofil

e. Jawaban B dan C

Penjelasan:

Untuk bisa tahu pemicu pembukaan stomata, akan lebih mudah jika kita mengetahui alasan perlunya pembukaan stomata oleh tumbuhan. Alasannya adalah karena pembukaan stomata mempermudah penguapan air yang dibutuhkan untuk fotolisis air (yang akan menyumbangkan elektron untuk fotosistem II yang elektronnya telah tereksitasi oleh cahaya). Mekanisme pembukaan stomata dikembangkan tumbuhan agar fotosintesis bisa berlangsung dengan normal, karena selain air, karbon dioksida juga dibutuhkan untuk reaksi dalam siklus Calvin.

Berikut adalah gambar yang menjelaskan mekanisme dalam penutupan ataupun pembukaan stomata. Terlihat saat hormon asam absisat (ABA) mengikat suatu reseptor ABA (ABA R), terjadi stimulasi pengeluaran ion kalsium (Ca2+) dari retikulum endoplasma (RE). Kalsium yang dilepas ini menghambat pemompaan kalium ke dalam sel (oleh saluran K+in) dan memicu pemompaan kalium dan juga anion (A-) ke luar sel. Ini mengakibatkan sel kehilangan ion yang diikuti kehilangan air dan tekanan turgor, sehingga sel penjaga akan merapat (stomata menutup).

Jadi yang benar adalah A, pilihan B, C, D, dan E tidak tepat.

a. Benar. Selain karena keempat pilihan di bawah tidak tepat, grafik di atas bisa membuktikan alasan stimulasi reseptor cahaya biru pada sel penjaga mampu memicu pembukaan stomata.

b. Salah. Kadar karbon dioksida pada daun yang meningkat menyebabkan kebutuhan karbon dioksida pada tumbuhan tercukupi, sehingga menyebabkan stomata tertutup. Ini dilakukan untuk pengurangan air yang melakukan transpirasi melalui stomata.

c. Salah. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penurunan kadar kalium di dalam sel penjaga berakibat pada penurunan tekanan turgor sel penjaga. Ini akan mengakibatkan penutupan stomata.

d. Salah. Produksi asam absisat pada mesofil akan menghasilkan asam absisat yang akan mencapai sel penjaga, sehingga proses yang ada pada gambar akan terjadi. Ini akan berakibat pada penutupan stomata.

e. Salah. Alasan sudah dituliskan pada bagian B dan C.

Referensi

Hopkins, William G and Norman P. A Hüner. Introduction To Plant Physiology. 4th ed. Hoboken, NJ: J. Wiley, 2009. Print.

Taiz, Lincoln and Eduardo Zeiger. Plant Physiology. 3rd ed. Sunderland, Mass.: Sinauer Associates, 2002. Print.

Featured
Recent Posts
bottom of page