top of page
  • Wilson Gomarga

Membedah jangkrik (Praktek Hewan)


Dalam praktek OSN atau IBO, terdapat jenis-jenis hewan yang umumnya bisa dibedah. Jika kalian bertanya, lalu hewan apa saja yang bisa dibedah? Mungkin gak kita membedah sapi atau ayam?

Jawabannya adalah hampir 100% tidak mungkin. Kenapa? Karena peraturan IBO agak anti dengan vertebrata, meskipun pernah membedah kodok atau ikan.

Lalu membedah apa? Umumnya adalah invertebrata, dan kali ini adalah hewan yang paling mainstream untuk dibedah di OSN: Jangkrik

Pertama-tama kalau mau sukses praktek tentang hewan. Kita gak harus cuman bisa jago nge-bedah, tapi juga tau apa yang kita bedah.

Misal kalau belajar jangkrik, kita harus tau itu famili apa, organnya seperti apa, punya berapa ruas. Bahkan itu yang lebih penting sepertinya.

Informasi misalnya, jangkrik punya protoraks, mesotoraks, metatoraks, dengan kaki nya beruas-ruas dimulai dari proksimal: koksa, trokanter, femur, tibia, tarsus. Informasi-informasi seperti ini gak tidak ada di buku Campbell, tapi ada di Google, jd pinter-pinter cari informasinya ya.

Kalian juga bisa baca buku Zoology yang dikarang oleh Hickman. Informasi yang ada dibuku ini relatif cukup untuk memberikan pengetahuan tentang apa yang akan dibedah.

Sekarang untuk bedah jangkrik, tidak usah repot-repot. Bahkan untuk membedah hewan lain saya memakai cara ini:

1. Cari di Youtube: Cricket dissection (kalau tidak ada cari yang sejenis, "Grasshopper dissection)

2. Lalu udah pasti banyak videonya, bahkan mereka suka bahas anatominya, ini berguna banget.

3. Lihat di buku-buku atau referensi --> bikin catatan sendiri tentang hewan, karena OSN pernah disuruh gambar, jd latihan gambar ya.

4. kalau punya kesempatan buat membedah itu di sekolah dengan alat bedah yang dipinjam, lebih bagus lagi, di sini kita bisa makin lengket mengingatnya.

Mudah kan? Cara ini bisa dilakukan kepada hewan-hewan lainnya.

Video-video ini akan sangat membantu

Di OSN nanti juga disediakan alat bedah seperti ini dan papan parafin, jadi biasakan diri ya. Good luck

Featured
Recent Posts
bottom of page