top of page
  • Wilson Gomarga

Praktek Mikrobiologi (Pewarnaan)


Praktek ini adalah bagian yang sering sekali bikin pusing. Bikin stress. Bagi sebagian orang mungkin karena tidak biasa dengan alatnya atau tidak tahu sama sekali harus ngapain, atau soal-soalnya yang cukup ekstrim.

Pengalaman saya waktu di OSN Yogya, meskipun prosedur pengerjaan akan disediakan, tapi alangkah baiknya kalau kita sudah kira-kira punya banyangan harus ngapain.

Nah, praktek yang paling umum dilakukan di mikrobiologi adalah pewarnaan. Pewarnaan apa aja yang pernah dicoba?

Pewarnaannya sendiri bisa dibagi menjadi pewarnaan sederhana sama yang kompleks.

^ Itu tahu begituan dari mana? Bisa dari modul di internet, ataupun dari satu buku mikrobiologi yang khusus membahas praktikumnya. Nama buku yang bisa dijadikan referensi ini adalah: Capuccino (bukan kopi hahaha) ataupun Prescott, Benson, dll. Tapi tiga buku ini tinggal pilih aja cocokan sama yang mana. Semuanya kurang lebih mirip, cuman saya paling suka sama Capuccino (kanan) dan Prescott (kiri)

Untuk pewarnaan, umumnya yang dilakukan adalah pewarnaan sederhana misal dengan memakai metilen biru, pewarnaan Gram atau pewarnaan negatif.

Sekali lagi, bagi teman-teman di daerah yang tidak punya akses, bukan berarti gak bisa tahu caranya gimana (kami pun juga gak pernah coba di sekolah). Jadi yang dilakukan adalah YOUTUBE. Cari di youtube, tentunya cari pakai keyword bahasa inggris, untuk melihat benar-benar yang profesional seperti apa caranya.

Kalau referensi sudah ada dan sudah tau harus ngapain, pas praktek udah lebih gak tegang d megangin cawan petri atau mikroskop.

Yang perlu diingat, kadan prosedur yang di video dengan di lembar soal bisa berbeda, ikutin yang di lembar soal, intinya video ini hanya memberikan bayangan saja apa yang ahrus dilakukan.

Ini contoh-contoh videonya:

1. Gram Staining (oleh Bio-Rad)

2. Simple Staining

3. Negative Staining

Sekian, selamat belajar, untuk sekarang belajar teori dulu saja ya. Praktek nanti ketika sudah selesai OSP. Good luck

Featured
Recent Posts
bottom of page