top of page
  • Wilson Gomarga

Bagaimana belajar genetika?


Untuk jago genetika ibarat seperti belajar matematika: harus latihan terus menerus. Dengan membiasakan diri pada soal-soal yang umumnya diujikan, maka nalar dan instingnya nanti jadi lebih peka. Dengan meliha tipe-tipe model soal tertentu, maka teman-teman sudah dapat menebak arah dan maksud soal ini ke mana.

Untuk latihan genetika, tentu akan butuh soal kan. Tapi soalnya dapat dari mana? yaitu dari buku-buku genetika yang advanced. Dari sekian banyak buku-buku genetika yang ada, menurut saya, buku yang paling baik adalah sebagai berikut

 

1. Genetics: From Genes to Genomes, 4th Ed. oleh Hartwell et. al.

Apa yang membuat buku ini ditaruh di nomor 1? Karena dibanding buku-buku lainnya, buku ini menjelaskan konsep genetika dengan cukup singkat dan soal-soal latihan di akhir babnya sangat menantang (sangat disarankan untuk mengerjakan soal dibelakang). Bab tentang crossing over saja bisa sampai 4 gen terpaut.

2. Introduction to Genetics Analysis, 10th Ed. oleh Griffith et. al.

Buku ini teorinya mungkin agak susah dimengerti, tetapi yang penting untuk diperhatikan adalah bagian "Challenging Problems" di setiap akhir bab. Soal-soal yang ada sangat-sangat-sangat-sangat keren dan gak akan menyesal coba ngerjainnya. Bener-bener bikin ngerti.

3. Genetics: A Conceptual Approach, 4th Ed. oleh Pierce et. al.

Buku ini sangat baik menjelaskan bagian genetika populasi beserta hitungan tingkat lanjut seperti tekanan seleksi dan lain sebagainya. Soal-soal di halaman belakangnya kurang bervariasi, namun lebih unggul dalam menjelaskan materi (lebih mudah dimengerti dan sangat berguna yang dijelaskan).

Tidak banyak kan, hanya 3 buku saja. Tetapi, jika teman-teman bisa membabat habis setiap soal pada buku ini, terutama buku no.1 dan 2, terjamin akan sangat terbiasa dengan soal genetika tingkat OSN dan IBO. Selamat belajar.

Featured
Recent Posts
bottom of page