top of page
  • Wilson Gomarga

Biologi Dasar: Campbell Bab 7


Bab 7 membicarakan tentang konsep membran sel. Penting untuk mengetahui konsep dasar dari membran sel untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang lebih dalam. Sebelum beranjak ke bab selanjutnya, pastikan teman-teman dapat menjawab ini:

Pertanyaan dasar

  1. Mengapa penting bagi membran sel untuk memiliki sifat selektif permeabel. Bagaimanakah membran sel dapat memiliki sifat ini?

  2. Pada struktur fosfolipid, mengapa dikatakan sebagai molekul yang ampifatik?

  3. Mengapa secara stabil fosfolipid pada membran sel membentuk bilayer, bukan micelle?

  4. Tipe pergerakan fosfolipid pada membran sel ada flip flop dan lateral, apa perbedaanya?

  5. Mengapa pergerakan flip-flop bukanlah pergerakan yang sering terjadi pada membran sel, jelaskan secara kimiawi!

  6. Apa efek dari ________ terhadap permeabilitas dan fluiditas membran!

  7. Panjang rantai hidrokarbon

  8. Keberadaan ikatan rangkap dan tunggal. Jawaban: ketika rantai terdapat ikatan tunggal, satu fosfolipid dengan yang lainnya akan cenderung berdekatan, sehingga interaksi Van Der Waals yang terjadi yang terjadi dapat menjadi semakin kuat sehingga membuat membran lebih padat.

  9. Temperatur

  10. Mengapa kolesterol disebut sebagai buffer membran?

  11. Apa yang membedakan protein periferal dengan protein sitosolik pada umumnya?

  12. Jika dibuatkan grafik konsentrasi zat terlarut dengan laju difusi, maka apakah terdapat perbedaan transpor yang berlangsung pasif difusi dengan yang difasilitasi?

  13. Apa yang membedakan membran model Sandwich dan Fluid-Mosaic? (kaitkan dengan protein integral)

  14. Apa itu difusi dan osmosis, dan transpor aktif? Pelajari semuanya

  15. Apa itu gradien elektrokimia?

  16. Secara topologi, lumen retikulum endoplasma ekuivalen dengan?

Pertanyaan tingkat lanjut

  1. Sifat dari lipid bilayer ditentukan dari struktur lipidnya. Apa yang akan terjadi pada lipid bilayer jika terdapat lipid bilayer seperti kasus:

  2. Hanya punya satu rantai hidrokarbon (biasanya kan ada dua)

  3. Rantai hidrokarbon lebih pendek dari normal

  4. Semua rantai hidrokarbon jenuh

  5. Semua rantai hidrokarbon tidak jenuh

  6. Bilayer mengandung campuran dua tipe lipid, tipe satu = lipid dengan 2 ekor hidrokarbon jenuh, yang satu lagi 2 ekor hidrokarbon tidak jenuh.

  7. Membentuk monolayer (ujung rantai terikat secara kovalen pada fosfolipid lain)

  8. Membran plasma sel yang menunjukkan kesimetrisan pada tipe-tipe fosfolipidnya merupakan sinyal untuk terjadinya apoptosis (Yes/No)

  9. Urutkan di mana yang akan memiliki rantai asam lemak tidak jenuh terbanyak sampai yang terkecil (Ikan atartika), (iguana gurun), (manusia), (beruang kutub), (bakteri termofilik)

  10. Membran bilayer kan fluid, tapi kenapa asimetris pada komposisi fosfolipidnya (lebih banyak ditemukan pada layer tertentu? Apakah ini sebuah hal yang bertentangan? Mengapa hal ini bisa terjadi?

  11. Pada sebuah monolayer, molekul lipid bertukar dengan molekul lainnya setiap 0.0000001 detik. Butuh 1 detik untuk sebuah molekul lipid berdifusi dari satu ujung sebuah sel ke sel lainya dengan jarak 2 mikrometer. Apakah angka ini saling konsisten (ya atau tidak dan mengapa).

  12. Anggaplah terdapat sebuah molekul lipid berukuran seperti bola dengan diameter 4 cm, dan sebuah lantai dari raungan ukuran 6 m x 6 m yang ditutupi oleh molekul lipid ini. Jika mereka bertukar dengan molekul lainnya setiap 0.0000001 detik, berapa km/jam jika mereka mereka bertukar satu arah. Pada kenyataanya kenapa lebih lama?

  13. Protein transmembran yang menembus membran satu kali memiliki alfa helix pada bagian bilayernya. Kira-kira dari sekuens asam amino yang ditunjukan ini, manakah yang pilihan yang paling tepat? Jelaskan alasannya

  14. ITLIYFGVMAGVIGTILLIS

  15. ITPIYFGPMAGVIGTPLLIS

  16. ITEIYFGRMAGVIGTDLLIS

  1. ***** (OSP) Protein yang membentuk beta-barrel memiliki beberapa B-strands yang menembus membran. Bagian yang menghadap pore memiliki asam amino hidrofilik sedangkan yang menghadap membran memiliki rantai samping hidrofobik. Kira-kira dari sekuens di bawah ini, manakah yang paling mungkin?

  2. ADFKLSVELT (jawabannya yang ini, yang di bold yang non-polar, dan terlihat selang seling sama yang polar, JELASKAN mengapa dengan struktur B-strand dan struktur beta barrel)

  3. AFLVLDKSET

  4. AFDKLVSELT

  5. Mengapa membrane-spanning protein umumnya alfa helix atau beta barrel, gak pernah rantai yang tidak teratur?

  6. Mengapa ikatan disulfida (S--S) lebih mungkin terjadi sisi ektraseluler daripada sitosolik?

  7. Bagaimanakah mengisolasi protein integral?

  8. Pada sel darah merah manusia, rasio massa protein (Mr = 50000) terhadap fosfolipid (Mr = 800) terhadap kolesterol (Mr = 386) adalah 2:1:1. Ada berapa molekul lipid (fosfolipid + kolesterol) pada setiap molekul protein?

Untuk soal-soal lainnya yang dicek di buku AlbertsTPB dan biokimia lainnya. Selamat belajar

Featured
Recent Posts
bottom of page