top of page
Wilson Gomarga

Selangkah lebih maju!


Mengingat perkataan saudara jauh saya yang pernah berpartisipasi dalam ajang olimpiade astronomi internasional, ia membagikan tipsnya kepada saya sewaktu acara keluarga besar. Ia berkata bahwa selama ini ia terus mempertahankan prinsip "Selangkah lebih maju"

Maksudnya adalah jika kita ingin berpartisipasi di OSK, maka setidaknya kita sudah siap atau sedang mempersiapkan OSP. Gila juga ya kalau dipikir-pikir, tapi ada benarnya juga loh.

Waktu saya mempersiapkan OSK, saya sebenarnya tidak mengikuti prinsip tersebut karena waktu itu dia belum memberitahukannya pada saya. Tetapi menjelang OSN 2015, saya sudah mulai berpikri seperti itu.

Lalu dengan OSK 2017 yang ada di awal tahun 2017, apa yang dapat kita lakukan untuk selangkah lebih maju? Never go easy on yourself

Membuat target misalnya untuk menghabiskan alias menguasai buku Campbell sampai bulan November (3 bulan dari sekarang) dan sudah mulai membaca buku-buku biologi yang lebih advanced untuk membiasakan diri pada topik yang diujikan pada OSP tentu akan membuat kita lebih matang kan. Tetapi ini bukan berarti kita harus cepat cepat juga karena ini bukan lomba lari bung. Melainkan, alangkah baiknya kalau teman-teman dapat selangkah lebih maju :)

Mungkin dari sekarang sudah boleh untuk membiasakan diri dengan soal tipe-tipe OSK dan mulai merencanakan persiapan OSP mendatang.

Good luck.

Featured
Recent Posts
bottom of page