top of page
  • Wilson Gomarga

Belajar Praktek? Part 1


Kalau sudah lulus tingkat OSN, maka kali ini teman-teman harus sudah mulai berpikir bagaimana meningkatkan kemampuan praktek teman-teman. "Tapi kan saya gak punya alatnya!?" Tenang, latihan praktek dapat dilakukan di rumah tanpa menggunakan alat apapun. Justru, latihan praktek yang dijalankan ini seperti latihan teori.

Jadi, pada kesempatan ini, saya akan membagikan cara saya belajar praktek. Mengapa penting untuk belajar praktek? Apa untungnya? Kenapa gak bagusin teori aja?

Alasan pertama adalah, kalau teori kamu sama teman lainnya paling beda beda tipis beberapa soal. Tapi kalau praktek, temana kamu sama kamu bisa beda sampai 70-an poin! bisa bisa ada yang dapet 0 dan juga 100 pada tes yang sama. Bayangin kalau di t-score minusnya berapa tuh yang dapat nilai 100 sama 0. Karena praktek ada 4 topik, maka teman-teman dapat memiliki peluang meraih medali lebih besar di OSN jika prakteknya oke.

Sekarang, bagaimana meningkatkan kemampuan praktikum saya? Part 1

Dimulai dari praktek berbau biologi molekuler: teman-teman dapat mencari soal-soal ujian praktikum IBO tahun-tahun sebelumnya dan melihat trend atau pola praktek yang keluar setiap tahun. Dari sana teman-teman bisa dapat bayangan kira-kira praktek apa atau teknik apa yang harus saya kuasai.

Lalu cobalah membuat list seperti ini. Ini akan sangat membantu teman-teman men-tracking jenis praktek yang harus dipelajari.

Selain itu, cobalah mengerjakan soal-soal praktikumnya. Bayangkanlah di depan meja teman-teman ada alat lalu apa yang harus dilakukan. Coba pikirkan strategi mengatur waktu yang benar jika cuman diberikan 90 menit untuk menyelesaikan praktek tersebut. Terdapat banyak sekali hal yang bisa dipelajari dari mengerjakan soal-soal ujian praktikum ibo taun-taun lalu

Terlebih dari biologi sel molekuler yang banyak berbau kimia dan hitungan. Dengan membiasakan diri mengerjakan soal hitungan yang ada di tes praktikum IBO sebelumnya, akan membuat teman-teman jadi lebih terbiasa dan gak kaget lagi.

Selamat belajar!

Featured
Recent Posts
bottom of page