top of page
Wilson Gomarga

Baru belajar, serasa otak tertutup? Kita juga pernah merasakannya. Keep calm!


Akhir-akhir ini, ada seseorang yang menanyakan kepada saya bahwa ketika belajar Campbell atau buku biologi dasar lainnya, serasa kita telah mengerti konsep yang disajikan. Pokoknya udah oke dan udah percaya diri. Eh tau tau pas ngerjain soal OSK atau sejenisnya, otak serasa !@#$)#$(#@? dan kita jadi nge-blank!?! Hahhaha, kita sudah pernah merasakan hal semacam ini ketika ingin memulai atau bahkan setelah kami melewati berbagai tahap seleksi. Mengapa? Apa artinya kami kurang mengerti? Apa artinya waktu yang sudah terbuang untuk membaca bab tadi semuanya sia-sia?

Tentu kalau temen-temen udah baca bener-bener, kan serasa sakit hati dan dipehapein kalo ternyata harapan bahwa kita sudah mengerti itu ternyata kosong saat mengerjakan soal. Satu tips yang kita dapat bagikan adalah: Jangan takut dan tetap belajar, karena anda dosis latihan soal bung!

Kalau kurang latihan atau belum pernah mengerjakan soal dan tiba-tiba menghadapi soal OSN yang kompleks, pasti kita akan kaget duluan. Makanya, ada baiknya setiap kita membaca sebuah bab dari buku biologi dasar kita mengerjakan soal-soal tipe-tipe OSN atau setingkat olimpiade yang kurang lebih membahas hal yang serupa.

Latihan soalnya dari mana kak? Banyak! IBO ada secara free atau dari website yang suka memberikan latihan-latihan soal gratis, atau soal olimpiade biologi negara lainnya. Pinter-pinter temen-temen nyari aja :)

Kalau sudah terbiasa, maka pola pikir temen-temen akan mulai terbentuk secara perlahan. Nanti ketika mengerjakan soal-soal yang mirip, udah jadi lebih matang dan siap. Serasa yang tadi otak tertutup jadi mulai menerima dan membuka.

Jadi jangan putus asa dan merasa betapa kurang pintarnya kita. Awalnya terasa susah dan tidak menyenangkan, tetapi nothing is fun until you're good at it. Selamat belajar dan jangan pernah menyerah.

Tips hari ini: membaca harus diseimbangkan dengan latihan soal!

Featured
Recent Posts
bottom of page