top of page
Wilson Gomarga

Apakah OSN Biologi ada silabusnya?


Secara teknis memang harusnya ada, tetapi secara praktik soal OSN biologi tidaklah seperti soal Ujian Nasional yang secara tegas mengikuti kisi-kisi. Misal nomor 1 harus membahas sel, 2 membahas protein. Tentu tidak seperti itu. Silabus OSN Biologi hanya memberikan batasan kira-kira dari sekian banyak materi biologi yang sangat luas, apa yang harus ditekankan dan dipelajari.

Silabus OSN sendiri mengacu pada silabus dari IBO (International Biology Olympiad). Silabus itu sendiri dapat teman-teman cari di website resmi IBO atau di sini

Tidak hanya silabus teori pada halaman 18, tetapi juga kira-kira dari segi praktek, teknik apa saja yang harus teman-teman kuasai dan tertulis pada halaman 26. Sampai sekarang ini, tidak perlu begitu khawatir tentang praktek, fokuskan pada teori dulu saja.

Satu hal yang teman-teman harus pegang adalah untuk tidak memegang mati silabus ini. Misal terdapat tulisan mitokondria pada silabus teori. Lalu apa yang harus saya pelajari tentang mitokondria untuk OSN? Apakah cukup sekilas tahu bahwa mitokondria berfungsi untuk menghasilkan ATP dengan menjalankan transpor elektron? Secara dasar seperti itu, tetapi dapat ditingkatkan menjadi jauh lebih advanced misalnya, "Apakah NADH yang ditranspor ke mitokondria adalah NADH yang berasal dari sitoplasma?" Pertanyaan macam apa ini )@#@)#@(#@!_~ hahahaha

Pertanyaan semacam itu tentu stidak dapat ditemukan pada buku-buku dasar dan dapat ditemukan di buku yang lebih advanced. Inilah yang membuat soal OSN menjadi sangat sulit diprediksi karena sampai yang macam-macam pun bisa keluar :)

Tips hari ini: jangan sampai silabus menyempitkan pemikiran teman-teman :)

Selamat belajar.

Featured
Recent Posts
bottom of page