top of page
  • Wilson Gomarga

Buku botani dan biselmol apa yang harus saya baca?


Zea mays. yang merupakan tanaman C4

Berikut adalah list buku-buku tentang tumbuhan dan biologi sel molekuler yang sangat baik untuk dibaca

4. Raven Biology of Plants oleh Ray Evert

Saya sangat menyukai bagian anatomi dan evolusi tumbuhan dari buku ini. Buku ini membahas anatomi tumbuhan sangat dan sangat mudah dimengerti. Soal-soal anatomi tumbuhan yang diujikan pada OSN dan IBO akan lebih mudah dikerjakan jika membaca buku ini luar dalam. Mungkin teman-teman mengira bahwa mendalami tumbuhan tidak akan menguntungkan karena cuman 15% dari seluruh soal teori. Tetapi nyatanya, mendalami tumbuhan akan sangat membantu pada bagian praktek anatomi tumbuhan yang tiap tahun selalu ada, serta menjawab soal-soal anatomi tumbuhan di teori yang relatif sulit mendapatkan poin full

5. Plant Physiology, 5th Edition oleh Taiz dan Zeiger

Buku ini baik tapi saya kurang suka dengan buku ini. Mengapa? Sebab buku ini kurang baik dalam menjelaskan beberapa bab dan menurut saya terlalu advanced. Menurut saya membaca buku ini seperti membaca jurnal! Sangat membosankan! Tetapi beberapa bagian dari buku ini membahas cukup baik tentang fotosintesis dan juga tentang hormon tumbuhan yang nyatanya sangat berguna dan memperdalam konsep biologi tentang tumbuhan. Tidak semua bab pada buku ini wajib dibaca, tetapi saya sangat suka bab 9 tentang efek lingkungan terhadap fotosintesis.

6. A Color Atlas of Plant Structure by Bowes

Buku ini sangat baik dalam membahas anatomi tumbuhan, karena beberapa soal diambil dari buku ini. Buku ini sangat menguntungkan karena teksnya sangat sedikit dan lebih banyak gambar-gambarnya. Tentu tidak membosankan dan cenderung seperti komik.

 

Sedangkan ini adalah buku-buku biologi sel molekuler yang sangat baik untuk dibaca.

7. Molecular Biology of the Cell, 5th Edition by Bruce Alberts

Saya membeli hardcopy dari buku ini dan nyatanya buku ini sangat berguna dalam menjawab soal-soal biologi molekuler pada IBO dan OSN. Terdapat bab-bab wajib yang perlu dibaca seperti bab tentang protein, ekspresi gen atau pun bab 10-17. Saya lebih memilih buku ini dibandingkan Karp meskipun buku Karp lebih tipis, tetapi bahasa dari buku Alberts jauh lebih mudah dimengerti.

8. Molecular Biology of the Cell, 5th Edition: Problems Book by John Wilson

Buku legendaris yang paling mujarab dalam menjawab soal-soal biologi molekuler. Berisi ribuah soal-soal analisis berisi grafik yang melatih konsep berpikir dan kritis membuat ini buku favorit saya. Saya mencoba menghabiskan buku ini meskipun akhirnya tersisa beberapa bab di belakang. Tetapi buku ini sangatlah dalam dan agak susah dimengerti awal-awalnya. Untuk membaca buku ini dianjurkan memiliki dasar biologi molekuler yang sangat baik, meskipun tidak perlu menghabiskan buku Alberts tetapi dapat sambil membaca Alberts. Contoh: untuk mengerjakan Problems book bab 10 dapat dilakukan setelah membaca teksbook Alberts (no. 7) bab 10. Saya mencoba cara ini dan sangat efektif.

9. Berg Biochemistry, 7th Edition

Pembahasan tentang protein dan kinetika enzimnya sangat dalam dan komprehensif. Yang menarik dari buku ini adalah soal-soal di akhir bab yang cukup menantang. Silahkan dicoba.

10. Lehninger Principles of Biochemistry, 5th Edition

Buku ini membuat saya mengerti tentang konsep entropi dan tentang air. Sangat baik dan membantu banyak dalam memahai konsep-konsep biokimia.

Untuk nomor 9 & 10: Buku biokimia memegang peranan penting untuk mendalami biologi sel dan molekuler. Sebab, meskipun soal OSN namanya "Biselmol" tetapi soal tentang biokimia kerap kali muncul, contohnya saja tentang kinetika enzim dan Helix Wheel Projection pada OSP 2014

Featured
Recent Posts
bottom of page