top of page
Wilson Gomarga

Buku Biologi Dasar Apa yang Harus Saya Baca?


Pertanyaan semacam ini seringkali dilontarkan oleh siswa yang ingin mengikuti OSN biologi. Terdapat 2 tahap yang akan dilalui jika teman-teman ingin mempersiapkan OSN biologi. Tahap pertama adalah ketika teman-teman membaca buku biologi dasar. Ketika sudah menguasai buku biologi dasar, teman-teman dapat berlanjut ke tahap 2 yaitu membaca buku khusus yang terspesialisasi.

Berikut ada daftar buku-buku biologi dasar yang saya gunakan dalam mempersiapkan OSN biologi dan IBO selama 2 tahun ini.

1. Campbell Biology, 10th Edition oleh Reece

Buku ini sangat berguna untuk pemula. Terdapat 56 bab pada buku ini dan materi biologi dasar yang dijelaskan cukup berguna untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di IBO ataupun OSN. Jika hanya sekedar membaca, maka manfaat yang dirasakan dengan membaca buku ini akan relatif kecil. Jika teman-teman dapat menjelajahi bab tiap bab dengan melihat "Concept Check pada akhir sub-bab" atau menjawab pertanyaan "Making Connections" atau juga "Figure Questions" maka pemahaman teman-teman tentang biologi akan meningkat secara signifikan. Membaca buku ini berulang-ulang pada bab-bab tertentu akan menjadi sangat berguna. Edisi 9 atau 10 sangat baik, tetapi edisi 10 menurut saya lebih update dan terdapat gambar-gambar serta scientific skills yang keren-keren.

2. Life: The Science of Biology, 10th Edition oleh Sadava

Dibandingkan dengan buku Campbell, sebenarnya tujuan buku ini sama yaitu membahas secara luas konsep dasar biologi. Terdapat beberapa bagian dari buku ini yang lebih baik dan mendalam dibanding Campbell. Buku ini dikarang oleh Purves yang juga mengarang buku Neurologi, maka dari itu bab Anatomi dan FIsiologi Hewan pada buku ini jauh lebih baik dan lebih dalam dibahas dibandingkan Campbell, maka dari itu untuk mereview bab-bab pada Campbell tentang anatomi dan fisiologi hewan, saya cenderung membaca buku ini.

3. Biological Science, 5th Edition oleh Scott Freeman Buku ini dikarang oleh Scott Freeman yang mengarang buku "Evolutionary Analysis", tebakan saya waktu saya membaca buku ini adalah bahwa pada bahasan tentang evolusi maka akan dijelaskan lebih baik, dan ternyata benar, buku ini membahas bagian evolusi lebih baik. Jika teman-teman ingin membaca tentang pulse-chase, maka terdapat bab "Cell Cycle" yang juga dijelaskan, sebab materi pulse-chase untuk menentukan panjang siklus sel tidak dijelaskan detil di buku manapun!

4. Biology by Raven, 9th Edition

Buku ini dikenal karena kesusahan dan kedalaman materinya. Saya paling suka materi tentang biselmol serta keanekaragaman hewan pada buku ini karena dijelaskan cenderung lebih dalam dan lebih baik dibanding ketiga buku lainnya. Buku ini sangat baik untuk dibaca juga karena lebih advanced. Bahkan, ada seorang siswa yang hanya membaca buku ini dan meraih medali perak pada OSN!

Featured
Recent Posts
bottom of page