top of page
  • Wilson Gomarga

Buku anatomi & fisiologi hewan


Anatomi dan Fisiologi hewan atau yang dikenal dengan anfiswan memang sudah menjadi target utama untuk mendapatkan nilai tinggi bagi para peserta OSN. Mengapa? Karena anfiswan memakan bobot 25% dari keseluruhan yang kurang lebih ada 12 soal pada bagian teori. Berlainan dengan soal biselmol yang cenderung sangat susah dan tidak ketebak, soal-soal anfiswan umumnya hanya berkutat pada konsep-konsep tertentu, misalnya kurva disosiasi hemoglobin, cara kerja ginjal, pencernaan, hormon, dsb. Selain itu, menurut saya buku fisiologi lebih harus dibaca dibandingkan buku lainnya karena pada fisiologi jika kita tidak tahu kita akan kesulitan menjawab. Hm, apakah ini membuat fisiologi seperti hafafalan? tentu tidak. Justru kita harus menguasai dasarnya baru nanti bisa mengerjakan soal-soal lanjutannya. Berikut adalah buku-buku yang umumnya digunakan dalam mempersiapkan OSN.

 

11. Human Physiology: From Cells to Systems, 8th Edition by Sherwood

Buku ini SANGAT direkomendasikan setelah teman-teman membaca buku biologi dasar. Alasannya adalah bahasa yang disajikan dibuku ini cukup sederhana, serta ketika membaca bab-bab di buku ini, maka hal-hal yang awalnya hanya sebatas di kulit saja pada Campbell menjadi lebih masuk akal. Saya sarankan untuk mencatat dan meringkas hal-hal penting pada buku ini.

12. BRS Physiology, 6th Ed. & Cases and Problems by Linda Costanzo

Jika teman-teman terpepet waktu, maka buku inilah juaranya. Saat saya pulang dari pelatnas 4, saya mencoba menghabiskan buku ini untuk menguasai konsep anfiswan dengan lebih baik. Buku ini meliputi soal-soal hitungan dan konsep-konsep penting yang harus diketahui. Buku ini juga sangat membantu, karena konsep yang disajikan seringkali keluar di soal OSK, OSP, OSN, pelatnas, dan juga IBO. Thumbs up! Terdapat buku kasus kedokteran yang dikarang oleh orang yang sama. Dipakai secara bersamaan kedua buku ini sangat berguna!

13. Animal Physiology, 3rd Ed. by Hill

Karena manusia lebih mudah dipelajari dibandingkan hewan, terkadang soal-soal OSN mengacu pada fisiologi dari hewan. Untuk membiasakannya, kita dapat membaca buku seperti Campbell atau Life, dsb. Tetapi, untuk lebih mengerti secara detil dan mendalam, buku Animal Physiology oleh Hill ini sangat direkomendasikan. Bahasanya yang enak dimengerti dan cenderung seperti buku cerita membuat saya saat membaca lebih enjoy dan gak ngebosenin. Coba habiskan buku ini, dan semoga bisa menjawab banyak sekali pertanyaan-pertanyaan tentang anatomi dan fisiologi hewan

14. Animal Physiology: Mechanisms and Adaptations by Eckert

Sebenarnya sama saja dengan buku Hill tetapi ada beberapa kekurangan. Yang pertama adalah ebooknya scan-an jadi hitam putih dan tidak berwarna seperti Hill. Lalu, karena isinya tumpang tindih jadi saya menganjurkan untuk lebih baik fokus pada buku Hill saja. Buku ini diskim gambar-gambarnya karena terkadang ada gambar yang cukup bagus. Kalau teman-teman ada edisi barunya yang berwarna buku ini bisa juga dipakai cuman saya agak tidak suka dengan bahasanya.

15. Guyton Textbook of Medical Physiology

Buku kedokteran dijadikan referensi OSN?! Ya, buku ini memang sangat bagus membahas beberapa konsep yang terkadang tidak dijelaskan pada Sherwood dsb dan inilah yang menjadi keuntungannya. yang saya suka dari buku ini adalah banyaknya grafik illustrasi yang terkadang tidak begitu banyak dibahas di buku lainnya. Juga ada bab tentang Fisiologi Luar angkasa atau diving yang suka keluar juga di soal OSN. Kekurangannya adalah buku ini sangat tebal dan menghabiskan waktu untuk dibaca. Juga ada test bank yang diberi rekan saya, Kelvin Suriyaputra, dan berguna juga untuk dipelajari.

Katanya anatomi dan fisiologi, tetapi kenapa dari tadi selalu fisiologi yang dibahas, mana anatominya?

Memang secara kasar, fisiologi lebih sering dibahas karena anatomi kebanyakan berbau hafalan, jadi pengetahuan mengenai anatomi yang dasar-dasar saja sudah cukup, tidak perlu membaca ensiklopedia kedokteran dan menghafalkan semua nama otot dan tulang, dijamin tidak efektif. Saya menyarankan teman-teman untuk membaca buku 11-13 terlebih dengan waktu yang kira kira 2 minggu, bisa menghabiskan buku 12 :D

Featured
Recent Posts
bottom of page